Pages

Dahlan Akui Sulit Kembangkan Mobil Nasional

28 June 2014

Dahlan Akui Sulit Kembangkan Mobil NasionalFoto arsip Joko Widodo saat menguji mobil "Kiat Esemka" karya siswa SMK 2 Solo dan Kiat Motor, di Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Januari tahun lalu. Sewaktu masih menjabat wali kota Surakarta, Jokowi pernah mengganti mobil dinasnya dengan mobil Kiat Esemka ini, namun mobil tersebut tidak akan dilelang. TEMPO/Ukky Primartantyo

M
enteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyatakan pemerintah kesulitan mengembangkan mobil nasional. Banyak hambatan yang ditemui untuk memproduksi mobil ini di dalam negeri.

"Selama ini birokrasi di bidang itu masih berbelit-belit," kata Dahlan kepada wartawan di Hotel JS Luwansa, Jumat, 27 Juni 2014.

Menurut Dahlan, terkait birokrasi belum ada lembaga yang berhak menguji ide untuk mengembangkan mobil nasional hingga saat ini. "Jangankan lembaga yang memberikan izin, yang berhak menguji inisiatif itu saja belum ada," katanya.

Untuk itu, ia berharap Jokowi dalam pemerintahan yang baru nanti bisa menghilangkan hambatan. "Pak Jokowi pernah mengalami sendiri bahwa birokrasi di bidang itu sulit. Saya berharap ini bisa dibuka segera," ujarnya.

Dalam Diskusi yang digelar Kamar Dagang dan Industri Indonesia, calon Presiden Prabowo Subianto menyindir Jokowi. Menurut dia, mobil Esemka merupakan salah satu kegagalan Jokowi.


  Tempo  

No comments:

Post a Comment

 

Populer