Pages

7 Kelainan Buah Zakar yang Paling Ditakuti Pria

09 December 2012


7 Kelainan Buah Zakar yang Paling Ditakuti Pria - Buah zakar atau testis merupakan salah satu oragan reproduksi pria yang sangat penting sebab seperma akan diproduksi di sini. Jika terjadi kelainan yang terjadi pada testis atau buah jakar pastinya akan menggangu fungsi reproduksi pria sehinga hal ini sangat ditakuti oleh pria dewasa. Selain terserang penyakit kanker testis ternyata masih ada masalah lain yang bisa saja menyerang testis pira. Nah berikut ini ada beberapa kelainan pada buah zakar yang paling ditakuti pria ingin tahu apa aja itu simak 5 Kelainan Buah Zakar Paling Ditakuti Pria seperti dikutip dari situs detik.com.

1. Testis melintir

Dalam istilah medis, tali buah zakar yang melintir disebut dengan istilah testicular torsion. Sakitnya luar biasa, namun biasanya akan pulih dengan sendirinya dalam beberapa jam kemudian. Hanya dalam kasus tertentu saja kondisi ini butuh operasi untuk membetulkannya.

Penyebabnya tidak diketahui pasti, tetapi dalam beberapa kasus bisa dipicu oleh trauma fisik misalnya benturan.
2. Testis tidak simetris
Buah zakar umumnya memang tidak sama persis antara kanan dan kiri, baik ukuran maupun posisinya secara vertikal. Namun perbedaan yang terlalu ekstrem bisa dicurigai sebagai gangguan kesehatan. Besar sebelah misalnya, bisa menandakan adanya varicocle atau varises pada saluran sperma. Bisa juga karena Hernia Scrotalis, atau turunnya usus hingga menekan buah zakar.

3. Testis bengkak
Nyeri hebat pada testis juga bisa dipicu oleh radang kantong sperma yang dalam bahasa medis disebut epididymitis. Selain bengkak, gejalanya adalah demam dan kalau dibiarkan lama-lama bisa bernanah dan mengganggu sistem reproduksi termasuk juga produksi sperma.

Jika disebabkan oleh infeksi kuman, maka kondisi ini akan diobati dengan antibiotik sesuai petunjuk dokter. Antiradang juga diperlukan untuk meredakan pembengkakan, sedangkan antinyeri hanya diberikan kalau sakitnya tidak tertahankan.

4. Testis mengecil
Secara alami, ukuran testis akan mengecil saat laki-laki mulai menginjak usia 40-an tahun. Namun jika sejak remaja ukurannya tidak lebih besar dari telur puyuh, maka kondisi ini perlu diwaspadai sebagai gangguan hormon hipogonadisme. Meski tidak terkait secara langsung, namun gangguan hormon ini bisa mempengaruhi produksi sperma.

5. Kanker testis
Meski kadang tidak menyebabkan sakit pada stadium-stadium awal, kanker testis sangat ditakuti karena kalau tidak disembuhkan atau terlambat terdeteksi bisa merusak sistem reproduksi bahkan menyebar ke organ lain.

Meski bisa datang tanpa gejala, tapi rasa nyeri yang tidak hilang-hilang bisa juga dicurigai sebagai gejalanya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan jika memiliki riwayat kanker testis di keluarga.

Nah itulah beberapa kelainan pada testis atau buah zakar yang sangat ditakuti para pria.

No comments:

Post a Comment

 

Populer