Pages

Israel ingin jadi 'Penguasa' Dunia Siber

16 September 2014


Benjamin Netanyahu Benjamin Netanyahu

Bagi anda yang besar di tahun 1990an, ingatkah dengan jagoan dunia siber Superhuman Samurai Cyber-Squad. Ia bertarung untuk melawan Kilokhan si jahat yang ingin menguasai dunia digital.

Akan tetapi bagaimana jika ternyata 'Kilokhan' berbentuk sebuah negara dengan teknologi yang masif seperti Israel. Israel memang dalam tiga tahun terakhir, Israel memprioritaskan keamanan siber dan pembangunan internet. Hal ini karena Israel ingin menjadi pemimpin di dunia siber.

Hal tersebut dikatakan oleh Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, dikutip dari Jerusalem Post, Senin (15/9) dalam acara Konferensi Keamanan Siber Internasional di Universitas Tel Aviv. Netanyahu mengaku negaranya selalu menjadi korban serangan siber khususnya dari Iran dan sekutunya.

Atas dasar itu Industri Keamanan pun telah melakukan investasi untuk melindungi dunia siber. Salah satunya dengan menciptakan iron dome versi dunia maya.
Israel Klaim Punya 'Iron Dome' Dunia Maya Game Iron DomeGame Iron Dome

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menuduh Iran berada dibalik serangan siber beberapa waktu lalu. Ia berbicara terkait peran signifikan keamanan internet melawan terorisme.

"Saya ingin jelaskan bahwa mereka yang berada di belakangan serangan siber yang pertama dan paling utama adalah Iran," tutur dia di Universitas Tel Aviv, dikutip dari Jerusalem Post, Senin (15/9). Ia menyatakan Iran dan sekutunya mengambil kebebasan dan anonimitas di dunia maya.

Termasuk melindungi kelompok Hamas dan organisasi militan lainnya. Ia menjelaskan ketika menyerang Gaza beberapa waktu lalu, Israel mampu melihat serangan balasan.

Akan tetapi sangat sulit melihat asal serangan di dunia maya. Ia pun mengklaim Israel telah berinvestasi besar untuk melindungi infrastruktur internet negerinya dari serangan 'teroris'.

"Ada Iron Dome untuk keamanan siber yang terhubung dengan yang mengantisipasi roket," tutur dia, dikutip dari Jerusalem Post, Senin (15/9). Israel tutur dia sengaja mempertahankan perlindungan bagi dunia maya untuk menjaga posisi sebagai kekuatan siber global.


  Republika  

No comments:

Post a Comment

 

Populer