Pages

Tips Menggunakan foursquare

07 September 2011



Foursquare adalah suatu media sosial berbasis lokasi, jadi targetnya adalah pengguna mobile phone dan misi utamanya adalah berbagi tempat-tempat yang kita kunjungi.
Nah, biar ga bingung, ikutin aja step by step menggunakan #4SQ berikut:

1. Download Applikasi dan Join
Aplikasi Foursquare tersedia gratis untuk iPhone, BlackBerry, maupun Android. Download aplikasi tersebut, lalu buatlah account Foursquare.

2. Conect dan Add
Istimewanya dari foursquare adalah dapat langsung berhubungan dengan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Kita dapat mengatur apakah setiap kali kita check in tempat menggunakan foursquare ingin di publish atau tidak.



3. Check in, Shout, dan Tips
Check in adalah istilah ketika kita masuk ke suatu tempat.  Entah itu rumah kita, tempat makan, toko buku, atau hotel. Bila lokasi tersebut telah terdaftar di place, Anda bisa langsung check in. Sambil check in Anda juga bisa shout. Shout itu seperti update status di Twitter. Jadi Anda bisa memilih, sekedar check in, shout, atau check in sekaligus shout.
Anda juga bisa meninggalkan Tips. Misalnya ketika saya makan di Medan saya meninggalkan tips berikut: @ Istana Maimun: Peninggalan sejarah sultan melayu Jadi, ketika ada orang lain yang melihat tips di Istana Maimun, dia akan melihat tips yang saya tinggalkan tersebut.

4. Memetakan Lokasi Baru
Bila tempat Anda berada belum terdaftar di place, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu. Bila tidak ada, maka Anda dapat mendaftarkan lokasi tersebut. Caranya cukup mudah, hanya perlu mencantumkan nama dan alamat, maka lokasi akan terdeteksi. Lalu Anda boleh memilih lokasi tersebut hanya untuk Anda saat itu atau “tersedia” untuk orang lain.

5. Menjadi Polisi #4SQ
Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari sebuah platform bersama adalah banyaknya orang yang bisa memberi kontribusi. Karena itulah diperlukan pengawas, istilah saya Polisi #4SQ. Anda bisa melaporkan lokasi yang tercatat dua kali (misal ada yang mendaftarkan Pizza Hut Letsu dan Pizza Letda Sujono), lokasi yang sudah tidak ada lagi (misalnya tempat makan tersebut sudah pindah), atau lokasi peta yang tidak tepat. Anda bisa membantu untuk mengedit semua itu agar lebih akurat.

6. Berburu Badge
Salah satu yang bikin tambah asik nge-4SQ adalah berburu badge atau lencana. Ada banyak badge di sana. Akan terbuka sesuai dengan kebiasaan Anda ber-4SQ ria

Itulahtips sederhana menggunakan foursquare, jadi buat siapa saja yang ingin bergabung silahkan aja :)

No comments:

Post a Comment

 

Populer