Pages

Kasus Sisminbakum Dipolitisasi

29 December 2010

Situs Sisminbakum.

JAKARTA - Kasus Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) hingga kini sedang dalam proses hukum, tetapi banyak yang menilai kasus tersebut sudah dipolitisasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pengamat politik Indra J Piliang dalam diskusi "Jangan Politisasi Hukum" di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2010).

"Yang terjadi sekarang ini, sistem kita memang modern, tapi kultur kita masih tradisional dan sama halnya masuk dalam kesalahan di kasus Sisminbakum, bagaimana di belakang itu bermasalah. Kalau lihat proses hukumnya tidak masalah sampai tingkat Mahkamah Agung, tapi dari sisi politik itu dipermasalahkan sampai saat ini ke pihak-pihak tertentu dan bahkan sampai dihujat di tingkat individu," ungkapnya.

Indra menilai, kaum intelektual yang menjadi sasaran dalam sebuah kasus, contohnya Romli Atmasasmita, di mana dia adalah seorang intelektual yang dijeremuskan dalam ranah hukum.

"Yang saya lihat saat ini, kita banyak curiga. Terpenting di negara ini yakni kelompok intelektual, mereka memiliki banyak buku dan banyak beri pemikiran di negeri ini, tetapi mereka tidak mengerti ada urusan dan mereka dipolitisasi yang akhirnya masuk dalam ranah hukum," paparnya.

"Banyak kasus dijatuhkan pada sisi seorang yang lemah, dan dia tidak punya sistem yang melindunginya," tutupnya

No comments:

Post a Comment

 

Populer